Laman

Minggu, 28 Juni 2015

SISTIM INFORMASI DESA

BERJEJARING DENGAN SISTEM INFORMASI DESA

Guna mensukseskan Desa membangun untuk Desa yang mandiri yang berbasis Usulan atau Program kegiatan dari Bawah , Sekretaris Desa Banjaran Eman suherman mengembangkan Saran Informasi Desa untuk membangun jaringan komunikasi Langsung dan terpadu melalui Sistem Informasi Desa Media Sosial dan Website Desa.
Dengan menggunakan media sosial dan website Desa diharapkan akan lebih berkembang kembali kegiatan maupun aspirasi masyarakat muncul secara natural dan tersendiri tanpa interfensi. Pihak pemerintah Desa Banjaranpun akan lebih memahami dan menindaklanjuti secara cepat dan Tanggap serta bisa melakukan pelaporan singkat terhadap hal-hal penting tentang peristiwa atau berita Desa terhadap warga masyarakatnya maupun kepada Pihak Pemerintah Kabupaten dan pemerintah Provinsi serta Pusat
Banyak hal positif yang bisa di gunakan oleh Pemerintah Desa dalam memanfaatkan sarana TIK Di Desa, menyampaikan sesuai perkembangan jaman melalui media Online disamping menggunakan metode media Informasi langsung ke masyarakat saat ini telah banyak terasa manfaatnya.
Berikut adalah beberapa Manfaat yang sudah terasa oleh pihak pemerintah desa Banjaran dengan menggunakan Sarana TIK  untuk Pelaksanaan Kinerja Desa serta bermedia sosial dan berjejaring ;
  1. Koordinasi antar Kelembagaan Desa seperti BPD, LPM, PKK terhadap Perangkat Desa sebagai bagian pelaksana pemerintahan Desa terbangun lebih cepat dan hemat dengan fasilitas Chating di Media Sosial.
  2. Perangkat Desa yang sebelumnya kurang memahami Komputer dan Isi serta kegunaannya, melalui pemahaman tentang penting TIK akhirnya sudah beberapa orang mampu mengoperasikan dan menggunakan komputer bahkan mereka mampu mengenal lebih jauh perkembangan Desa dan informasi lainnya melalui fasilitas internet .
  3. Sarana Informasi Desa telah menjadi Berita Desa yang setiap waktu memberikan informasi kepada masyarakat.
  4. Desa Banjaran bisa menyampaikan potensi Desa kepada Dunia dengan segala sesuatu kelebihan dan kekurangannya yang diharapkan menjadi acuan pemerintah untuk peningkatan pembangunan Desa.
  5. Media Informasi Desa telah secara Transparan menyampaikan Rencana kegiatan pembangunan maupun hasil pembangunan desa kepada masyarakat.
  6. Pemerintah Desa Banjaran telah membangun Jaringan komunikasi dengan beberapa Desa di Kabupaten Majalengka dan Desa Desa di indonesia untuk berbagi Ilmu Pengetahuan dan berevaluasi tentang tingkat perkembangan Desa dan administrasi desa serta Konsep konsep Desa lainnya.
Saat Ini Eman Suherman selaku Sekretaris Desa Banjaran dan juga anggota dari Organisasi Relawan TIK Kabupaten Majalengka  berkeinginan agar terjalin komunikasi antar desa baik melalui kepala desa maupun perangkat desanya agar desa lebih cepat menerima informasi dan menyampaikan informasi ke publik agar desa lebih cepat berkembang dan lebih cepat maju serta mendapat perhatian khusus pemerintah dalam hal kekurangan dan kelemahan desa-desa.

 Jadi Tunggu apalagi Ayo Desa-Desa Indonesia Kita buktikan bahwa Desa itu tidak seperti yang mereka bayangkan tentang ketertinggalannya, keterbelakangannya ataupun kemampuannya. Saatnya Desa bisa maju dan Mandiri dengan berbagi dan berjejaring melalui media IT.

Tidak ada komentar: